OKINAWA DIGUNCANG GEMPA

Powerful Earthquake Jolted Okinawa
 
Bangun pagi setelah melewatkan malam pertama di ‘Kota Pahlawan’ Surabaya, dalam perjalanan pertama di tanah air tahun 2010 ini, langsung disambut oleh berita CNN yang mengejutkan. Kepulauan Ryukyu, Okinawa diguncang gempa. ‘7.0 magnitude’, begitu menurut versi CNN. Berkekuatan 6.9 pada skala Richter menurut Daily Yomiuri Online dan sumber lainnya yang ditelusuri kemudian. ‘China Earthquake Administration’ (CEA), Bejing, melaporkan kekuatan gempa pada skala 7.2.
 
Namun semuanya sama-sama menginformasikan peringatan dini tentang adanya bahaya tsunami. Berpotensi setinggi dua meter, sebagaimana dikutip The Daily Yomiuri. Pada akhirnya hanya gelombang setinggi 10 cm yang menyapu pantai. Gempa terasa sangat kuat menurut warga, namun belum ada laporan kerusakan yang berarti selain pipa air yang bergeser dan dua orang lanjut usia menderita cedera ringan.
 
Jepang memang salah satu negeri di dunia yang paling sering diguncang gempa, termasuk yang berkekuatan besar. Teringat gempa berkekuatan 7.2 di kota pelabuhan Kobe yang menewaskan 6,400 orang pada tahun 1995. Okinawa sendiri terletak sekitar 1,600 kilometer sebelah selatan ibukota Jepang, Tokyo.
 
Okinawa membanggakan diri sebagai ‘Paradiso’-nya Jepang. Saya berkesempatan mengunjunginya pada musim liburan akhir Desember 2009 yang lalu. Di katedral kota Naha, ibukota Prefektur Okinawa, saya ikut merayakan liturgi Natal 2009. Mengesankan karena umat masih menyanyikan lagu-lagu Gregorian yang syahdu dalam bahasa Latin.
 
Ryukyu Mura, museum alam terbuka, di mana bisa disaksikan pola kehidupan perkampungan Okinawa di masa lalu, tentu saja menjadi salah satu tujuan utama lawatan saya ke ujung selatan Jepang itu.
 
Berita gempa ini sejenak membawa kembali kenangan saya ke sana.
 
henri daros
  

Peta pelayaran para pelaut Okinawa di masa lalu, di museum terbuka Ryukyu Mura. Sejauh Indonesia?

 

Contoh 'kano' yang dulu dipakai berlayar oleh para pelaut Okinawa, di museum terbuka Ryukyu Mura

Foto-foto: Henri Daros

Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: