TIBA DI ENDE, NAMUN BUKAN ”DAS ENDE”

Ende, finally, but not ‘The End’

 

Masih lancar-lancar sesuai dengan jadwal, hari Sabtu tanggal 6 Maret menuju Ende, pulau Flores. Pada waktunya lapor di bandara El Tari, Kupang, pulau Timor, lalu masuk ruang tunggu. Namun hingga jam keberangkatan pukul 1 siang belum juga ada pengumuman untuk naik ke pesawat. Baru sesudah pukul 1 terdengar pengumuman bahwa keberangkatan ditunda akibat cuaca buruk di Ende. Beberapa SMS yang masuk dari Ende menguatkan pengumuman itu.

 

Tertunda sejam, akhirnya pesawat terbang juga. Kupang – Ende cuma 50 menit. Mulus. Lega ketika pramugari mengumumkan bahwa pesawat akan segera mendarat. Namun, sebagai ‘ata Ende’, ya orang Ende yang lagi pulang kampung, tercium sesuatu yang aneh. Tak kunjung terasa bahwa pesawat akan segera mendarat. Bahkan seperti terbang meninggi. Maka tak mengherankan juga ketika terdengar pengumuman bahwa penerbangan terpaksa diarahkan ke bandara Waioti di Maumere karena cuaca di Ende tak memungkinkan pendaratan.

 

Syukur, setelah sekitar sejam menunggu di bandara Waioti, pesawat bisa terbang lagi ke Ende. Hanya 15 menit. Terkesan seperti sebuah penerbangan mewah. Tiba juga akhirnya, disambut udara Ende yang terasa lebih sejuk sehabis hujan.

 

Kota Ende dan beberapa tempat di pulau Flores hanyalah bagian tengah dari kalender kegiatan selama perjalanan pulang ke tanah air kali ini. Bukan akhir (das Ende), meski pada akhirnya (zum Ende) tiba juga di sana setelah dihadang cuaca buruk. Itu pun bukan merupakan cerita baru lagi bagi para pengguna jasa transportasi udara di provinsi kepulauan ini.

 

(henri daros)

Gunung Meja pengawal Kota Ende, yang kadang hijau kadang gersang, dijepret dari bandara Ende

 

Home sweet home, tempat istirahat setiap kali balik ke Ende, di ujung bukit kompleks St. Yosef Ende

 

Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: