KOKUSEI-CHOUSA: SENSUS PENDUDUK 2010

JAPAN: 2010 NATIONAL POPULATION CENSUS

Sejak tanggal 1 Oktober 2010, secara serempak diadakan Sensus Penduduk (Kokusei-Chousa) di seluruh Jepang. Survei statistik ini dilaksanakan menurut undang-undang Jepang dan melibatkan semua orang yang tinggal di Jepang, apapun kebangsaannya. Siapa pun wajib menjawab atau mengisi kuesioner yang diedarkan. Tak perlu khawatir. Jawaban bersifat rahasia. Tak akan digunakan atas cara apapun untuk, misalnya, kontrol imigrasi, penyelidikan oleh polisi atau untuk tujuan-tujuan lain yang sejenis.

Sudah sejak sepekan terakhir di tangan saya memang sudah ada formulir yang harus diisi. Petugas Sensus Penduduk sudah mengedarkannya tepat waktu. Untuk Jepang seluruhnya sudah disiapkan formulir isian dalam 27 bahasa. Tinggal pilih, termasuk bahasa Indonesia. Saya bahkan langsung mendapat formulir kuesioner dalam 3 bahasa, yaitu Inggris, Jepang dan Indonesia. Namun kepada orang asing dianjurkan agar berdasarkan isian formulir dalam bahasa yang sepenuhnya dikuasai itu diisilah selanjutnya kuesioner berbahasa Jepang untuk diserahkan ke Biro Statistik Kementerian Dalam Negeri.

Batas waktu pengembalian kuesioner ialah tanggal 7 Oktober. Sampai pada hari terakhir itu nanti, setiap hari petugas Sensus Penduduk akan berkeliling pada jam tertentu untuk menjemput formulir kuesioner tersebut. Namun warga dapat pula mengirimkannya baik melalui kantor pos maupun kotak pos terdekat, tanpa perangko. Pengembalian formulir yang sudah diisi akan berada di bawah kontrol keamanan yang sangat ketat agar informasi tidak bocor. Bahkan semua formulir akan langsung dimusnahkan begitu proses tabulasi berakhir. Demikian jaminan yang disampaikan.

Saya tertarik pada bunyi rumusan pertimbangan diadakannya Sensus Penduduk ini. Selain bahwa sensus penduduk kali ini merupakan sensus penduduk yang paling penting yang diadakan oleh Pemerintah Jepang guna memperoleh ‘basic data’ bagi penyusunan kebijakan, juga demi perbaikan kondisi hidup warga, termasuk warga asing yang tinggal di Jepang. Bukankah saya termasuk di antaranya?

Ketika hari ini saya membaca kembali dengan teliti kuesioner tersebut sebelum mengisinya, harus saya akui betapa benar dan relevan pernyataan tentang tekad perbaikan kondisi hidup tersebut, dalam pelbagai aspeknya, dalam wujudnya yang komprehensif. Betapa berbangga dan bersyukur segenap warga suatu negara yang pemerintahnya sungguh memperhatikan segenap aspek kehidupannya.

Pemerintah yang tidak cuma sibuk dan puas dengan mengutak-atik angka dan jumlah, tapi sungguh-sungguh menargetkan mutu dan tingkat kesejahteraan. Yang tidak hanya tunggu merumuskan kesimpulan tentang turunnya angka kemiskinan (dan itu pun dengan sengit selalu diperdebatkan oleh para pejuang pro-rakyat yang kenal betul lapangan), tapi sudah dan selalu siap untuk memperjuangkan peningkatan kesejahteraan, yang dalam skala perbandingan saja sesungguhnya sudah dinilai sejahtera. Tak cuma buat warganya sendiri tapi bagi warga asing pula!

Tentu saja, dalam segala upaya peningkatan kesejahteraan tersebut, partisipasi dan tanggung jawab warga pun sangat diperlukan, bahkan wajib adanya. Hanya dengan warga yang sungguh bertanggung jawab dan giat menjalankan kewajibannya, negara akan jadi kuat dan kokoh dalam kesejahteraan. Namun, ketika suatu hajatan nasional seperti halnya sensus penduduk dijalankan, pemerintah sedang mengukur kadar tanggung jawab, tugas dan kewajiban yang menjadi bagiannya.

Pemerintah Jepang sudah merumuskan dan menegaskan kembali dengan benar apa yang menjadi tugas, tanggung jawab dan kewajibannya itu. Dan sebagaimana sudah terbukti selama ini, kata-kata mereka bukanlah basa-basi.

Selamat ber-Sensus  Penduduk! Salam sejahtera!

henri daros

Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: