KEANEKARAGAMAN HAYATI, SEMOGA TAK LAGI BERNASIB ANTARA HIDUP DAN MATI

 

Tenth Meeting of the Conference of the Parties (COP10) to the Convention on Biological Diversity, Nagoya, Aichi Prefecture, Japan, 18-29 October 2010

 

Pertemuan akbar ini, yaitu ”The Tenth Meeting of the Conference of the Parties to the Convention on Biological Diversity” yang secara singkat dan populer disebut COP10 (COPTen), dimulai hari ini, tanggal 18 Oktober 2010, di Nagoya, Jepang.

Konferensi akan berlangsung secara maraton selama 2 minggu, sampai tanggal 29 Oktober. Jepang bertindak sebagai tuan rumah. Pada awal September peserta yang terdaftar berjumlah 6000-an, lalu meningkat ke angka 8000-an pada awal Oktober, namun meledak menjadi 16.000 sehari menjelang konferensi dibuka.

Peserta berasal dari sekurang-kurangnya 193 negara yang hadir bersama segenap mitranya, serta kelompok-kelompok gerakan masyarakat madani sedunia, yang langsung ataupun tak langsung berkaitan dengan upaya perlindungan dan pemanfaatan keanekaragaman hayati.

Kegiatan yang berkaitan dengan COP10 ini sesungguhnya sudah mulai berlangsung sejak tanggal 11 Oktober dalam bentuk pertemuan kelompok-kelompok kerja, ”biodiversity expo”  serta aktivitas gerakan promosi cinta alam dan lingkungan yang diselenggarakan oleh pemerintahan Provinsi Aichi dan Kota Nagoya.

Dengan demikian para peserta dari luar negeri pun sudah mulai berdatangan sejak lebih dari seminggu sebelum konferensi berlangsung, khususnya mereka  yang ambil bagian pada pelbagai kegiatan tersebut. Demikian juga para peserta yang karena pelbagai alasan mesti mendaftarkan keikutsertaannya langsung di tempat konferensi, dan kesempatan itu memang dibuka secara resmi sejak tanggal 11 Oktober.

Suatu hal yang secara pribadi menggembirakan ialah kesempatan berjumpa dengan rekan-rekan dari kelompok ”civil society” yang selama ini selalu berkomunikasi dan bahu-membahu secara online dalam menghadapi isu-isu krusial. Sayang sekali tugas utama di kampus tidak memungkinkan partisipasi langsung pada sebagian besar kegiatan konferensi. Namun lawatan dan kehadiran pada pelbagai ”side events” yang sudah terjadwal, dan pertemuan dengan rekan-rekan pada waktu luang, sudah lebih dari cukup untuk menghirup aura konferensi.

Atmosfer konferensi pun tersalur ke gedung apartemen tempat tinggal saya di pintu timur kampus lewat kehadiran dua ahli sekaligus aktivis NGO dari luar Jepang yang minta menginap di tempat tersebut. Keduanya, masing-masing dari NGO yang berbeda, akan hadir sepenuhnya, dan dengan demikian menjadi tamu kami di situ selama konferensi berlangsung, meskipun hanya bisa berjumpa malam hari jika dilihat dari jadwal acara.

LIFE IN HARMONY INTO THE FUTURE

Life in Harmony, into the Future

Slogan COP10 ialah ”Life in Harmony, into the Future”. Sementara itu tak kurang populer pula sebuah slogan lain yang selalu dikutip dalam pelbagai kegiatan selama Tahun Keanekaragaman Hayati 2010 ini yaitu “Biodiversity is Life, Biodiversity is Our Life”.

Namun, tak pelak lagi, COP10 berlangsung pada saat para pakar dan ilmuwan menyampaikan peringatan serius tentang semakin berbahayanya ancaman terhadap nasib keanekaragaman hayati di seluruh penjuru bumi.

Itulah yang diingatkan oleh paling tidak sebuah organisasi yang tidak diragukan integritas dan latar belakangnya, yaitu ”The International Union for the Conservation of Nature”, yang beranggotakan ribuan ilmuwan, aktivis serta pejabat pemerintah. Data yang disampaikannya, atau pun oleh organisasi lainnya, sudah banyak disajikan lewat pelbagai media.

Melihat jumlah peserta konferensi yang sekian banyak, dan yang merupakan jumlah terbanyak selama ini, pantaslah untuk mengharapkan hasil terbaik dari hajatan COP10 ini bagi pemulihan dan pelestarian keanekaragaman hayati di mana pun saja di seluruh dunia.

Semoga nasib keanekaragaman hayati, ya semoga nasib Ibu Bumi (Mother Earth), tak lagi terombang-ambing ke sana ke mari antara hidup dan mati.

henri daros

Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: