MUSIM DINGIN 2011: AKHIRNYA SALJU PUN HINGGAP JUGA DI NAGOYA

[ The First Snowfall of Winter 2011 in Nagoya City ]

Logos Center, tempat tinggal saya saat ini, ketika bangun pagi tahu-tahu sudah berlumur salju

Setelah suhu udara sering bermain-main di angka minus, dan salju sempat gerimis beberapa waktu yang lalu meski hanya sejenak, tanpa meninggalkan jejak putih kecuali basah nan dingin, akhirnya hari Minggu tanggal 16 Januari 2011, kota Nagoya pun secara merata dihinggapi salju juga.

Mendung yang menggelayut dan angin kencang yang mengiringi turunnya Putri Salju ini menyebabkan urusan keluar rumah memang tidak terlalu menyenangkan. Namun keinginan merekam suasana yang mungkin tak akan bertahan lama ini menyebabkan tantangan itu harus dihadapi juga … dan, setelah dicoba dengan pelbagai cara, akhirnya berhasil juga diambil tujuh gambar pertama.

Ketika memasuki kampus, sebagaimana diduga jalanan sudah dibersihkan dari salju. Maklum di kampus sedang berlangsung ‘Center Examination’, ujian nasional untuk masuk perguruan tinggi di Jepang yang berlangsung sejak hari Sabtu, tanggal 15 Januari kemarin. Universitas Nanzan mendapat kepercayaan juga dari pemerintah untuk menyelenggarakannya.

‘Green Area’ dan ‘Pache Square’ di jantung Kampus Utama Universitas Nanzan untuk sementara waktu berubah menjadi ‘White Area’ dan ‘Snow Square’

Saat tujuh gambar pertama selesai diambil sekitar pukul 2 siang, salju masih juga turun dan angin pun masih bertiup kencang. Entah sampai kapan. Namun, satu hal sudah pasti, salju sudah benar-benar turun sebagaimana sudah sempat diduga.

Sore hari menjelang malam, atau lebih tepat menjelang gelap karena selama musim dingin ini hari sudah mulai gelap ketika baru pukul 5 sore, diambil lagi sejumlah gambar untuk melengkapi rekaman turunnya salju pada hari ini. Ada setidaknya 16 gambar baru lagi yang sempat diambil.

Sebagian besar gambar yang diambil hari ini ditampilkan secara lengkap dalam album khusus pada akun Facebook saya.

Malam hari ketika kembali ke tempat kediaman sehabis ‘dining out’, salju masih juga turun. Diramalkan juga bahwa besok hari ketebalan salju kemungkinan besar akan bertambah 10 cm.

Hmmm, apa yang persis akan terjadi dan apa pula akibatnya, ditunggu saja besok.

Dingin-dingin hangat di tengah  ‘Green Area’ Kampus Nanzan yang tidak lagi hijau

Buat sementara waktu patutlah disyukuri bahwa salju hari ini turun atas cara yang cukup bersahabat, tidak membuat masalah, indah untuk dinikmati, meski sempat disertai hembusan angin yang cukup kencang.

Apa dan bagaimana dampak turunnya salju yang cukup lebat hari ini di pelbagai tempat lainnya di Jepang, tentu masih harus diikuti lagi lewat pemberitaan media cetak dan elektronik.

Semoga saja cuaca tidak berubah menjadi ekstrem.

Dan, tentu saja, tanpa salju musim dingin terasa belum lengkap.

henri daros

Malam bersalju di gerbang timur kampus utama Universitas Nanzan

Tim Universitas Negeri Jakarta dan Kementerian Agama RI (Ditjen Pendidikan Islam), yang lagi berkunjung ke Universitas Nanzan untuk menjajaki peluang kerja sama (25/1), di gerbang timur seminggu setelah salju turun. Jadwal kunjungan ini adalah jadwal yang tertunda dari hari Selasa tanggal 18/1 saat salju masih turun. (Foto: Henri Daros)

Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: