KINRO KANSHA NO HI, HARI SYUKUR ATAS PEKERJAAN

[ Kinro Kansha No Hi – November 23 – Labor Thanksgiving Day ]

Sejak tahun 1948 hari ini merupakan hari libur nasional. Hari ungkapan syukur khusus untuk semua jenis pekerjaan yang dijalankan, hasil kerja yang diperoleh, dan buat siapa pun yang telah menjalankan pekerjaannya dengan rajin, tekun dan bertanggung jawab, serta membawa manfaat bagi kesejahteraan masyarakat.

Namun tradisi perayaan syukur itu sendiri sesungguhnya sudah berlangsung sejak lama, jauh sebelum penetapannya sebagai hari libur umum, yang ditandai oleh pelbagai festival alias perayaan tradisional yang berlangsung secara merata di seluruh Jepang, seiring musim. Saat ini, menjelang akhir November, adalah Musim Gugur, ditandai oleh festival syukur atas hasil panen, yang bahkan sudah berlangsung sejak akhir Oktober.

Festival paling tua, yang sudah berlangsung berabad-abad dan sekaligus menjadi ritual utama pada kesempatan ini ialah ‘Niinamesai’, Festival Panen, di mana Kaisar sendirilah yang memimpin upacara syukur atas anugerah panen tahunan yang dinikmati oleh seluruh warga negeri.

antrean panjang di pintu kuil, menunggu kesempatan untuk memanjatkan syukur, sudah sejak dini hari festival ‘kinro-kansha-no-hi’

Syukur, tahu bersyukur, tak sungkan menyatakan syukur, menyempatkan diri untuk bersyukur, menghargai semuanya dengan syukur, menjadikan pekerjaan itu sendiri sebagai suatu perwujudan syukur. Sedangkan kebiasaan merayakan syukur, ya, budaya bersyukur, tentu merupakan energi positif untuk kehidupan, dengan dampak yang positif pula.

Itukah antara lain yang terjadi pada bangsa dan masyarakat yang satu ini sehingga taraf kesejahteraan dan mutu kehidupannya tampak seperti sekarang? Boleh jadi demikian.

O ya, Kampus Nanzan, tempat tugas saya, mengisi hari libur umum ini dalam wujud ungkapan syukur yang khas … yaitu dengan tetap menjalankan kegiatan rutinnya seperti biasa. Tak tanggung-tanggung, kegiatan kuliah digenjot terus sepanjang hari, sepenuh hati.

henri daros

Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: