MUSIK KLASIK DI JEPANG, SERASA DI EROPA

[ MUSIK KLASIK DI JEPANG, SERASA DI EROPA: SEBUAH KILAS BALIK ]

Jepang, tak salah lagi, adalah salah satu ‘pasar’ terpenting dunia tempat digelarnya musik klasik barat dalam pelbagai wujudnya.

Gedung konser bertaraf internasional, dengan standar akustik dan fasilitas sepatutnya, terdapat di semua kota besar dan semua ibu kota prefektur, lengkap dengan kelompok orkestranya, tak terkecuali juga paduan suara profesional, gayung bersambut dengan minat serta apresiasi yang tinggi dan merata di kalangan masyarakat.

Seiji Ozawa

Saat ini ada 40-an konduktor Jepang berkelas internasional, dengan pengalaman memimpin orkestra internasional pula.

Tiga paling hebat di antaranya adalah para ‘sensei’ yang ditampilkan gambarnya di halaman ini, dengan Seiji Ozawa berada di puncak, dan lebih banyak berkiprah di luar Jepang, sosok yang berprestasi luar biasa pula, setara dengan sejumlah konduktor dunia lainnya, sebut saja Zubin Mehta dan Lorin Maazel yang sudah lama berkibar namanya itu.

Betapa indah menyaksikan bagaimana musik klasik barat bersanding akrab dengan musik klasik Jepang sendiri serta musik etniknya yang unik. Dua dunia yang sangat berbeda namun harmonis. Satu tidak menolak yang lain.

Menelusuri jejak sejarah, tradisi musik klasik barat di Jepang sesungguhnya baru mulai terukir sejak paruh kedua abad 19. Sejak itulah studi dan pengenalan musik klasik barat tersebar dalam pelbagai bentuk di kalangan masyarakat Jepang, hingga menjadi kebanggaan, bahkan dipandang sebagai bagian dari ekspresi budaya mereka juga.

Yutaka Sado

Tidaklah mengherankan jika saat ini kita menyaksikan bagaimana kampus-kampus dan sekolah-sekolah memiliki kelompok orkestra sendiri, yang tidak lepas pula dari sentuhan pelatih profesional. Di mana-mana banyak anak usia dini dan usia sekolah dasar mengambil kursus latihan keterampilan untuk memainkan salah satu alat musik orkestra.

Tidak mengherankan pula jika dikatakan bahwa di hampir setiap kelompok orkestra dan paduan suara dunia saat ini pasti ada orang Jepang sebagai anggota atau pemusiknya. Tradisi musik klasik barat itu pun telah melahirkan sejumlah komposer Jepang yang tekun menggeluti komposisi musik jenis klasik.

Bagi peminat berat musik klasik, berada di Jepang memang serasa berada di salah satu negara Eropa yang kuat tradisi musik klasiknya, sebut saja nama negara itu.

Sungguh, tak perlu jauh-jauh, setiap hari orang bisa menikmati musik klasik lewat radio dan televisi karena merupakan program rutin pada saluran-saluran tertentu, termasuk siaran langsung tentu saja.

Jika dompet mengizinkan tinggal dicaritahu program dan jadwal pentasan pada pelbagai gedung konser yang ada, apalagi jika ada kelompok musikal atau orkestra terkenal luar negeri mengisi pentas, namun mesti pandai-pandai pula mengatur waktu untuk bisa menikmati program musikal atau pentasan yang paling disukai.

Masahiro Izaki

Kepada seorang rekan yang pernah sangat ingin tahu, taruhlah jika saya memang merasa kerasan di Jepang, apa kiranya alasan yang paling menyentuh minat pribadi saya.

Sambil guyon saya bilang  bahwa “saya betah karena di Jepang saya bisa menikmati musik klasik kapan saja, sampai sepuas-puasnya … “, hehehe … dan dia lantas mengangguk seraya tersenyum … karena sesungguhnya dia sendiri pun sudah lama mengamat-amati minat khusus saya yang selalu menggeliat itu …

Musik klasik, memang asyik!

Nagoya, Medio Januari 2012

[Sebuah kilas balik setelah 11 tahun menikmati musik klasik barat di Nippon,
sebagaimana pernah selalu kunikmati dulu selama berada di Italia / Eropa]

(henri daros)

Seiji Ozawa

Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: