KE TAJIMI, MERAJUT PESAN DI AKHIR PEKAN

KE TAJIMI, MERAJUT PESAN DI AKHIR PEKAN

Kegiatan Orientasi Mahasiswa Baru Jurusan Studi Asia

Universitas Nanzan, Nagoya, Jepang

Benar, ke Tajimi mereka pergi, merajut pesan di akhir pekan. Itu karena orientasi untuk kehidupan kampus tak harus atau tak perlu hanya dilangsungkan di kampus. Tempat lain, suasana berbeda, bisa membuat kegiatan orientasi jadi lebih menarik.
—–
Maka, setelah hampir dua bulan lamanya menyandang status mahasiswa baru pada Jurusan Studi Asia, dengan dua program utamanya yaitu Program Kajian Cina dan Program Kajian Indonesia, anak-anak muda itu pergi berakhir pekan bersama di sebuah kota kecil, Tajimi namanya. Jauhnya kurang-lebih 75 km dari Nagoya, tapi tentu tergantung pula dari Nagoya bagian mana jarak itu diukur.
—–
Fasilitas yang tersedia di sebuah biara tua, yang sudah berdiri di sana sejak tahun 1930, kembali dimanfaatkan. ‘Shudoin’, demikian nama populernya, yang oleh pemerintah telah ditetapkan sebagai situs budaya dan sejarah, setiap tahun memang jadi tempat favorit untuk kegiatan tersebut.
—–
Di sanalah, acara resmi maupun santai, untuk semakin mengakrabkan para mahasiswa baru dengan serba-serbi aktivitas kampus, dilangsungkan lagi kali ini. Hanya beberapa gambar dari aneka kegiatan akhir pekan, tanggal 12-13 Mei itu, dihadirkan di halaman ini ….

pintu masuk ke ‘tajimi shudoin’ … yg kali ini kembali menjadi tempat kegiatan tahunan jurusan studi asia universitas nanzan …  tampak ‘andong’ tajimi membawa pengunjung ke ‘shudoin’ yang oleh pemerintah ditetapkan sebagai situs budaya dan sejarah … (foto: henri daros)

******

di bagian ujung dari gedung tua ‘tajimi shudoin’ inilah segala kegiatan resmi akhir pekan itu berlangsung … (foto: henri daros)

******

sang ketua jurusan studi asia universitas nanzan menyampaikan sepatah kata pembukaan kegiatan orientasi di akhir pekan ini dalam gaya santai dan ceria … (foto: henri daros)

******

seorang mahasiswi tingkat terakhir program sarjana (tahun ke-4) jurusan studi asia, program kajian indonesia, berkisah tentang pengalaman pribadinya menjalani program studi di indonesia selama setahun … (foto: henri daros)

******

seorang mahasiswi tingkat terakhir program sarjana (tahun ke-4) jurusan studi asia, program kajian china, berkisah tentang pengalaman pribadinya ketika menjalani program studi di china selama satu tahun …… (foto: henri daros)

******

seorang mahasiswa sedang menceritakan pengalaman bersama kelompoknya menjalani program khusus kerja sama antarlembaga universitas (jepang-indonesia) di indonesia … (foto: henri daros)

******

seorang mahasiswi sedang menceritakan pengalaman bersama kelompoknya menjalani program khusus kerja sama antarlembaga universitas (jepang-china) di taiwan … (foto: henri daros)

******

seorang mahasiswi sedang menjelaskan aneka kegiatan luar kuliah pada jurusan studi asia … memancing minat dan mengundang keterlibatan para mahasiswa baru … (foto: henri daros)

******

para mahasiswa-mahasiswi baru tenang-tenang menyimak … sementara para dosen pun berbaur bersama mereka, ikut mendengarkan … (foto: henri daros)

******

tampak tiga ‘log house’ di sisi belakang gedung tua ‘tajimi shudoin’ … tempat menginap dan ajang untuk acara santai … (foto: henri daros)

******

‘tajimi shudoin’, di kota kecil tajimi, dengan arsitekturnya yang khas, dan kini merupakan situs budaya dan sejarah atas penetapan pemerintah, sudah lama menjadi pilihan favorit untuk kegiatan tahunan orientasi mahasiswa baru jurusan studi asia universitas nanzan, nagoya … (foto: henri daros)

******
henri daros
Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: