HOTARU-MATSURI: KUNANG-KUNANG KUSANGKA API

[ HOTARU-MATSURI / FESTIVAL KUNANG-KUNANG ]

******

Hotaru / Kunang-kunang / Firefly

Hotaru / Kunang-Kunang / Firefly

******

Bagi mereka, ada sekian banyak cara menurunkan ketegangan. Banyak tempat tersedia untuk itu. Malam hari sehabis kesibukan kerja arus manusia pada mengalir ke sana. Relaksasi untuk aneka selera. Di rumah pun tidak kurang tersedia sarana. Negeri dengan teknologi super canggih ini sudah menyediakannya pula. Tinggal pilih, dibeli dan dimanfaatkan.

Tapi, siapa kira mereka pun tak kurang bergairah mencari kesempatan berelaksasi tanpa harus dibantu kemudahan teknologi dan tanpa perlu mereguk kenikmatan lidah atau tenggorokan? Atau tanpa perlu berhangat-hangat menguapi tubuh yang penat?

Di musim panas ini lagi-lagi kita menyaksikan bagaimana di Negeri Matahari Terbit ini gaya hidup moderen bersanding akrab dengan pesona alam. Produk teknologi canggih berjabatan tangan erat dengan pernak-pernik budaya dan tradisi.

‘Hotaru’, kunang-kunang, itulah salah satu daya tarik alam yang ternyata sangat menarik perhatian mereka. Sampai-sampai ada ‘hotaru-matsuri’ atau ‘festival kunang-kunang’ segala. Ada pula ‘hotaru-gari’, berburu dan menangkap kunang-kunang, kegemaran anak-anak tentu saja. Di samping kegemaran menangkap riang-riang atau ‘semi’.

Firefly and Star (Masahiro Miyasaka)

Firefly and Star (Masahiro Miyasaka)

******

‘Natsu’, musim panas, sudah tiba. Hotaru, kunang-kunang, pun hadir lagi. Kesempatan hotaru-matsuri atau festival kunang-kunang kembali dinikmati.

Namun, tidak selalu mulus rupanya. ‘Tsuyu’, musim hujan khas Jepang yang ditandai gerimis berkepanjangan, khususnya pada pekan-pekan awal musim panas, adalah faktor pengganggu utama.

Semua tahu bahwa suasana yang cocok dan bagus bagi kunang-kunang untuk menampakkan diri adalah ketika tak ada hujan dan angin, suhu udara agak hangat dan tiada sinar rembulan. Habis, mana terlihat si kunang-kunang yang berkelap-kelip cantik kalau dewi bulan mengintip?

Tapi, keluarga-keluarga Nippon sudah dikenal piawai melihat peluang. Ramalan cuaca akan diikuti secara cermat. Tempat untuk menonton keindahan eksotik kunang-kunang biasanya sudah dipilih secara jeli.

Menonton Kunang-Kunang / Watching Fireflies

Menonton Kunang-Kunang / Firefly Watching

******

Hotaru, kunang-kunang, bisa saja muncul di sembarang tempat, namun untuk menikmati keindahannya secara penuh, memuaskan sejauh mata memandang, hanyalah di tempat-tempat tertentu.

Di wilayah Nagoya dan sekitarnya tercatat ada sekurangnya sepuluh tempat khusus untuk itu. Ada yang cuma-cuma. Ada yang memerlukan tiket, terutama di mana kunang-kunangnya diternak. Kawasan ‘Nagoya Castle’ adalah salah satunya.

Yang jelas, hotaru atau kunang-kunang hanya bisa hidup di kawasan bebas polusi, berair bersih dan berudara bersih pula. Syukur, Negeri Sakura ini masih bisa menjamin dua-duanya. Tempat-tempat di mana orang bisa menikmati keindahan kunang-kunang sepenuhnya, secara lebih istimewa lagi menjamin keamanan lingkungan buat makhluk-makhluk kecil eksotik itu.

Lebih jauh lagi, orang-orang (baca: anak-anak) pun sudah dihimbau agar tidak lagi menangkap kunang-kunang (hotaru-gari) untuk dibawa pulang ke rumah.

Maka, tradisi menonton kunang-kunang serta aneka atraksi terkait akan tetap lestari. Apresiasi kolektif terhadap anugerah keindahan makhluk alam yang satu ini tetap terpupuk subur. Budaya menghargai dan menjaga keselamatan alam-lingkungan akan tetap terjaga.

Teringat lagu lama, ”Kunang-kunang kusangka api, kalau api mana asapnya”.
Ya, tentu saja, kalau berasap bukan kunang-kunang namanya!
Tapi, masih sering terlihatkah kunang-kunang di negeri asal lagu ini?

henri daros

Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: