NH. DINI, FIGUR DI HARI IBU TAHUN KABISAT 2016

NH. DINI, FIGUR DI HARI IBU TAHUN KABISAT 2016 
 REKAMAN KENANGAN PERAYAAN 80 TAHUN USIANYA
1936 – 29 FEBRUARI – 2016

******

Pengantar & Kilas Balik
SEMARANG, TAHUN KABISAT 2012

Sebuah catatan, atau lebih tepat sebuah kisah, pernah diangkat di blog ini pada kesempatan peringatan Hari Ibu di Indonesia pada Tahun Kabisat 2012, tentang sebuah acara istimewa berkenaan dengan Hari Ulang Tahun ke-76 Ibu Nh. Dini tanggal 29 Februari tahun 2012 itu. Kisah tersebut tersimpan pada arsip tertanggal 22 Desember 2012, di bawah judul “NH. DINI, FIGUR DI HARI IBU TAHUN KABISAT 2012”. Selain itu dapat diikuti pula rekaman peristiwa HUT ke-78 Bu Dini pada tanggal 28 Februari 2014, yang didahului oleh sebuah pameran khusus selama dua hari terakhir bulan Februari itu. Semuanya berlangsung di Pusat Dokumentasi Sastra H.B. Jassin, Taman Ismail Marzuki, Jakarta, dan tersimpan pada arsip blog ini tertanggal 2 Maret 2014.

nhdini

Gambar kenangan dari acara HUT Ke-76 Ibu Nh. Dini, Semarang, 29 Februari Tahun Kabisat 2012, saat tak terduga plus tak tercantum pada daftar acara (maklum tamu dadakan) didaulat untuk menyampaikan sepatah kata buat Sang Yubilaris (Foto jepretan seorang sahabat Bu Dini)

******

Rekaman Peristiwa
SEMARANG, TAHUN KABISAT 2016 

Empat tahun telah berlalu, dan kembali Ibu Nh. Dini boleh merayakan HUT-nya tepat pada tanggal 29 Februari, karena tahun ini merupakan Tahun Kabisat pula. Mengisi Hari Ibu Tahun Kabisat 2016 inilah dengan sengaja figur Bu Dini ditampilkan kembali, agar informasi perayaan usia 80 tahun salah seorang tokoh ibu dan tokoh perempuan Indonesia itu tak sampai terlewatkan sebelum tahun kabisat ini berakhir.

nh-dini-80thn-2

Kartu Undangan dari ‘Forum Pencinta Mbak Dini Semarang’

Ikhwal peristiwa istimewa tersebut kabar dan informasi pribadi sudah diterima langsung dari Bu Dini melalui surat elektronik, namun kartu undangan dari ‘Forum Pencinta Mbak Dini Semarang’ yang tiba menyusul semakin mengukuhkan niat dan rencana untuk hadir merayakannya, mumpung menurut jadwal saya akan berada di Tanah Air dalam rangka kegiatan lapangan pada saat itu.

nh-dini-80thn-3

Kartu Undangan dari ‘Forum Pencinta Mbak Dini Semarang’

Sebagaimana pada Tahun Kabisat 2012, perayaan HUT Bu Dini, Sang Novelis legendaris kita, pada Tahun Kabisat 2016 ini pun dirayakan di kota Semarang, tepat pada tanggal nan langka itu, yaitu tanggal 29 Februari, yang kali ini jatuh pada hari Senin. 

Meski sedang berada di Jogja, tak jauh-jauh amat dari Semarang, namun sebuah acara penting di Kota Gudeg yang di luar dugaan ternyata tak bisa ditinggalkan, telah membatalkan niat dan rencana kehadiran langsung pada kesempatan perayaan tersebut. Ucapan selamat dan doa pun disampaikan pada pagi harinya, melalui surat elektronik, sambil mohon maaf tak dapat hadir. Malamnya sejumlah foto-foto indah dari Semarang masuk memenuhi inbox. Masih hangat-hangatnya, seakan ikut hadir pula di sana. Beberapanya ditampilkan di halaman ini. Terima kasih kepada Ibu Sulis Bambang, Semarang, atas kiriman foto-fotonya.

******

nh-dini-lilinhut80

Ibu Nh. Dini dan Lilin Ulang Tahun … (Foto kiriman Sulis Bambang)

******

nh-dini-80thn

Ibu Nh. Dini, sepatah kata … (Foto kiriman Sulis Bambang)

******

nh-dini-80thn-1

Sastrawan dan budayawan sepuh Ayip Rosyidi, satu dari sejumlah figur yang menyampaikan testimoni tentang Bu Dini, Sang Novelis, pada perayaan usia 80 tahun itu. Mendapat kiriman foto ini timbul sekilas rasa penyesalan tak bisa hadir pada kesempatan tersebut. Maklum, terakhir berjumpa dengan Pak Ayip ketika melakukan kunjungan pribadi di tempat tugasnya, yaitu kantor Pusat Dokumentasi Sastra H.B. Jassin, Jakarta pada tanggal 22 Maret 2011, tepat pada hari PDS HBJ diberitakan terancam tutup, dan janji agar sekali-sekali bertemu lagi apabila kebetulan berada di Tanah Air belum juga terpenuhi. (Foto kiriman Sulis Bambang)

******

nh-dini-taufiqismail-2

Penyair Taufiq Ismail, testimoni, sebelum berpuisi … (Foto kiriman Sulis Bambang)

******

nh-dini-berkisah

Bu Dini, pada suatu kesempatan lain  … (Foto kiriman Sulis Bambang)

******

nh-dini-ayubulantrisnajelantik-1

Ibu Ayu Bulantrisna Jelantik, sahabat Ibu Nh. Dini sejak lama yang sepintas disebut juga dalam novel ‘Pada Sebuah Kapal’, menyumbang Tari Topeng Sitayana buat sahabat tercinta yang berulang tahun … (Foto kiriman Sulis Bambang)

******

nh-dini-duakakak

Kedua Mbakyu Ibu Nh. Dini yang sudah sangat sepuh. Sudah pernah berkenalan pada kesempatan acara HUT ke-76 Bu Dini, juga di Semarang, pada tanggal 29 Februari, Tahun Kabisat 2012 … (Foto kiriman Sulis Bambang)

******

nh-dini-sanggargreget

Pentasan tari oleh Sanggar Greget … (Foto kiriman Sulis Bambang)

******

nh-dini-suasana

Suasana di aula acara, Vina House, Semarang … (Foto kiriman Sulis Bambang)

******

nh-dini-sulisbambang-2

Bu Sulis (yang telah berkenan dan berbaik hati mengirim foto-foto indah ini ke Jogja, buat tamu dari Nippon yang batal hadir) sedang mengisi acara … (Foto kiriman Sulis Bambang)

******

nh-dini-ucapanterimakasih

Ibu Nh.Dini, mengucapkan terima kasih atas semuanya … (Foto kiriman Sulis Bambang)

******

AKHIR KATA 
Perayaan usia 80 tahun Bu Dini sudah hampir sepuluh bulan berlalu. Tahun Kabisat 2016 hampir berakhir. Hingga empat tahun lagi, yaitu pada Tahun Kabisat 2020, Bu Dini akan kembali merayakan HUT-nya tepat pada tanggal 29 Februari, tanggal langka yang tercantum pada kalender kita cuma sekali dalam kurun waktu empat tahun itu.

Sementara itu, sebuah surat elektronik yang diawali dengan ucapan ‘selamat pagi dari Banyumanik’, Semarang, tempat tinggal Bu Dini saat ini, saya terima di suatu pagi pada akhir pekan pertama bulan Desember ini. Gembira dan lega membacanya, karena Bu Dini, yang dalam usia sepuhnya sering mengalami gangguan kesehatan, berkhabar sedang dalam keadaan baik-baik saja dan kondisi kesehatannya pun cukup terjaga. Tak lain berkat disiplin dirinya yang tinggi dalam merawat kesehatannya. Bahkan, Bu Dini tetap berkegiatan memenuhi undangan dari beberapa lembaga dan perguruan tinggi, selain kegiatan di Akademi Jakarta tempat Bu Dini pun menjadi anggota selama ini.

Diakhiri dengan ucapan selamat menjelang Natal, dan Tahun Baru 2017, Bu Dini bertanya pula tentang rencana saya balik ke Tanah Air pada awal tahun 2017. Itulah jadwal mudik tahunan untuk kegiatan lapangan yang rutin dilakukan selama ini, yang kebetulan diketahui pula oleh Bu Dini. Sambil mendoakan keadaan sehat-sejahtera buat Bu Dini, disampaikan pula dalam balasan saya janji dan keyakinan akan bertemu kembali di Tanah Air. Kapan? Pada kesempatan HUT yang ke-81 dua bulan lagi? Siapa tahu! Namun, tentu saja, bukan lagi pada tanggal 29 Februari, karena kalender 2017 bukanlah kalender tahun kabisat.

Akhirnya, buat Para Ibu dan Kaum Perempuan di Tanah Air
saya haturkan ucapan hangat ‘SELAMAT HARI IBU’.
Apa yang terbaik buat Bu Dini, saya doakan pula buat Anda semua.

******

nh-dini-80thn-5

Ucapan selamat, satu dari sekian … (Foto kiriman Sulis Bambang)

******

Nagoya / Jepang, 22 Desember 2016
 Bertepatan dengan Perayaan Hari Ibu di Indonesia
Henri Daros

Advertisements
Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: